5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - Ponorogo Bersinar

Domba Texel merupakan salah satu ras domba potong yang umumnya dibudidayakan di seluruh Indonesia. Saat tidak bermain, berat Texel dewasa bisa melebihi 100 kilogram per ekor. Jika betina belum mencapai tahap kehamilan, beratnya bisa mencapai 90kg. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi Texel menjadi domba potong yang populer.

 

Texel merupakan produk Pulau Texel di Belanda, namun sejak tahun 1950-an, Texel sempat berkembang di Indonesia. Domba yang satu ini disebut dengan nama lokal misalnya nama Dombos (Domba Wonosobo). Nama tersebut dipilih karena 500 Texels menunjukkan perkembangan yang mengesankan setelah mereka masuk ke Indonesia pada era 1950-an. Memang sampai saat ini Wonosobo merupakan sentra terpenting Texel sebagai daging kambing pedaging berstandar internasional.

 

Banyak peternakan menawarkan benih domba Texel, baik atas nama individu maupun pemilik ternak lainnya. Dengan struktur masif seperti ini, perkembangan trah Texel akan pesat dalam waktu dekat. Kabar baiknya, Texel tidak hanya mengizinkan Anda menggunakan daging. Permintaan pasar akan produk dari domba ini bukan hanya daging, tetapi juga persilangan dan wol. Inilah mengapa pemasaran Texel sangat luas dan dapat Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi yang maksimal.

 

Cara dan Tips Texel Sheep Terbukti Sukses

 

Ada banyak hal penting yang perlu Anda terapkan di pertanian Anda untuk budidaya Texel yang produktif. Namun setidaknya, ada sekitar 5 hal utama yang perlu Anda kembangkan. Sebagai contoh, ketika Anda memilih breeder Texel, maka breeder yang datang ke breeder harus memperhatikan ciri-ciri baik genetik maupun fisik. Untuk lebih detailnya akan kita bahas bagaimana cara beternak domba texel selain proses budidaya hingga sukses dalam bidang pemasaran.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Sebagai dasar pengembangan peternakan, pastikan untuk mendapatkan domba Texel unggul yang berkualitas tinggi. Alasannya adalah karena induk menentukan anakan mana yang akan diikuti di F1, F2, F3, dan daftarnya terus berlanjut. Jadi, pemilihan indukan perlu dilakukan secara selektif.

 

Ciri-ciri yang membentuk ciri-ciri breeder texel adalah sebagai berikut :

 

a) Badan besar, lebar, panjang, dan simetris di kedua sisi kanan.

b) Selaput mata tidak tembus cahaya, dan rona mata jernih dan bening.

c) Tubuh berisi tetapi tidak terlalu gemuk. Domba yang kelebihan berat badan dan bergumpal umumnya memiliki masalah genetik.

d) Tidak adanya cacat fisik pada ciri fisik induk Texel ini dapat langsung diamati. Misalnya tidak pincang serta tidak buta atau bisu, dan seterusnya.

(e) Lubang hidung tampak lembab (tidak terlalu berair dan tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan Testis umumnya berukuran besar, dan tonjolan pada tulang kaki lebih besar atau lebih terlihat saat kita menekannya.

g) Pada Texel betina ambingnya tampak normal dan besar, jumlah putingnya lengkap, dengan aktif (hal ini penting untuk memastikan bahwa keturunannya juga sehat).

H) Umur indukan harus minimal 1 sampai satu tahun. Ini memastikan bahwa faktor fisik dan psikologis berada di tempat yang tepat untuk menghasilkan keturunan yang paling diinginkan. Secara umum, ketika Anda mencari indukan untuk betina dan jantan, Anda dapat berbicara langsung dengan penjual. Pilih vendor berupa peternakan yang berpengetahuan luas, menyenangkan, dan menawarkan layanan dengan kualitas terbaik.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman agar tidak berdampak negatif terhadap kesejahteraan psikologis hewan. Tidak jarang peternak melebih-lebihkan nilai kandang, padahal kandang berfungsi sebagai faktor pendukung , yang berperan penting dalam pertumbuhan domba.

 

Pada dasarnya kandang untuk domba bakalan yang berumur tidak lebih dari 9 bulan bisa Anda tempatkan di kandang komunal. Satu kandang menampung antara lima hingga 10 hewan sesuai dengan ukuran kandang. Sementara itu, setelah mereka dewasa, Anda dapat memindahkan domba ke kandang terpisah. Pastikan domba dapat terus bergerak bebas berputar-putar, berputar, tidur dan semacamnya. Penggunaan sangkar pementasan, atau sangkar tanah harus memperhatikan faktor kenyamanan ini.

 

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman adalah:

a) Kandang bersih dan tidak ada kotoran yang menumpuk terlalu lama.

B) Cukup mendapat sinar matahari dan karena itu bukan berarti kandang dalam ruangan tertutup rapat sehingga cahaya tidak bisa masuk.

C) Tempat teduh dan tidak terlalu panas walaupun memang membutuhkan sinar matahari untuk masuk, tapi pastikan suhunya tidak terlalu tinggi agar domba nyaman.

d) Penempatan harus berjarak 5 meter dari rumah.

 

Saat membuat pagar untuk domba, Anda harus memperhatikan di mana pagar itu berada. Jarak tipikal sekitar 70 sentimeter. Sedangkan atap di atas lebih besar dari pada di belakang, sehingga hujan dan embun akan jatuh di atap dalam satu lapisan cara yang kurang.

 

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Bila ceweknya Texel, maka kamu bisa berpasangan dengan domba jantan fullblood untuk mendapatkan anak ayam yang berkualitas super. Misalnya dengan domba The Dorper yang terkenal dengan dagingnya yang luar biasa.

 

Metode persilangan atau persilangan domba ini, merupakan aspek kunci dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas genetik dari breed-breed tersebut. Anda di peternakan dapat menjelajahi ras lain yang bagus untuk membuat daging atau berfokus pada keunggulan genetik tertentu. Di pasaran, domba Texel yang sedang mengandung domba Dorper fullblood memiliki harga tertinggi. Sebagian besar waktu, pada kehamilan pertama, anak domba dapat menghasilkan satu bayi, namun pada kelahiran kedua dan setelahnya, mungkin lebih dari itu.

 

Apa yang dapat Anda harapkan ketika Anda mencapai persilangan ini?

 

A) Buat persilangan yang menunjukkan pertumbuhan yang cepat. Dalam kondisi normal (tidak dimodifikasi secara genetik, seperti ayam pedaging), peternakan yang Anda operasikan berpotensi memanen lebih banyak domba dengan kecepatan yang lebih cepat.

B) Tingkat daya tahan yang lebih tinggi, artinya mereka tidak mudah terserang penyakit. Jika domba Texel sering sakit, maka tentu saja pertumbuhannya bisa terganggu. Sebaliknya peternak harus lebih memperhatikannya.

C) Daging berkualitas baik tanpa lemak. Jenis daging ini menjadi fokus pasar luar negeri.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Sebagai breed domba pedaging, penting untuk memperhatikan pemberian makan Texel. Anda harus memastikan bahwa pakan tersebut kaya akan serat dalam jumlah yang cukup, dan khususnya makanan organik seperti rumput. Ketika Anda beternak domba di kandang yang digunakan bersama dimungkinkan untuk menambahkan pakan konsentrat khusus untuk pertumbuhan domba.

 

Beberapa saran umpan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan Texel antara lain:

 

A) Hijauan yang dapat Anda berikan kepada domba dengan porsi 10% dari berat totalnya. Pemberian pakan tergantung dari kebiasaan kebiasaan pribadi peternak biasanya 2 kali sehari.

b) Pakan fortifikasi khusus dirancang khusus untuk indukan yang bunting, indukan menyusui, pejantan siap kawin, domba, hingga domba dalam proses penggemukan. Pakan penguat bisa berupa biji-bijian, bekatul dari jagung, bungkil kelapa, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

C) Garam dan suplemen khusus pada domba potong untuk menyediakan mineral bagi pertumbuhannya.

 

Pakan fermentasi bisa menjadi salah satu alternatif untuk menekan biaya produksi pakan domba. Namun, saat memfermentasi pakan, Anda harus belajar menerima domba terlebih dahulu. Beralih tiba-tiba dari pakan ke pakan fermentasi dapat menciptakan situasi di mana domba tidak mau mengkonsumsinya.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Cara terbaik untuk menjual domba Texel bisa berupa hasil produksinya berupa daging atau penjualan bibit yang diternakkan. Cara penjualan yang benar akan meningkatkan persentase penjualan domba. Ini akan menciptakan aliran ekonomi di peternakan yang tentu saja menghasilkan keuntungan finansial bagi peternak.

 

Berikut ini adalah saran untuk menjual domba yang ingin menghasilkan uang dalam bisnis Anda.

 

A) Pemasaran domba di pasar hewan. Metode ini yang menjual domba paling umum dan tradisional. Anda bisa mendapatkan pembeli dalam hitungan menit. Jangkauan layanan juga dibatasi secara umum, hanya untuk masyarakat di satu wilayah.

B) Mendistribusikan brosur untuk periklanan offline. Manfaat potensial Texel sebagai domba berbasis daging sering digunakan sebagai hewan kurban. Sehingga tempat yang cocok untuk memasarkan ide ini adalah dengan membagikan brosur di masjid, restoran, dan tempat-tempat umum lainnya.

c) Memanfaatkan media sosial dan platform perpesanan. Media sosial merupakan cara yang paling efektif untuk memperluas jangkauan hubungan pemasaran domba Texel. Anda bisa mengiklankan peternakan dan peternakan di media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

d) Menerapkan produk ternak ke situs web dan di pasar. Ini adalah cara modern yang memiliki potensi besar dalam waktu dekat. Karena internet dan marketplace tidak terpengaruh dengan berlalunya waktu. Faktanya, semakin tua usia Anda, semakin penting Anda bagi mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Banyak pencari sapi texel, domba dan ibu hamil saat ini. Selain itu, untuk memasarkan bisnis Anda melalui berbagai saluran yang memanfaatkan perkembangan teknologi terkini Anda juga dapat berkolaborasi sebagai mitra dengan peternakan lain, misalnya GibasBarokah.com.

 

Ini adalah simbiosis yang saling menguntungkan, Anda adalah orang yang memutuskan berapa nilai pasar untuk produk ternak Anda dari domba Anda. Tentu saja, harga harus adil dengan mempertimbangkan faktor fisik dan genetik domba. Jika sehat dan berkualitas, Anda akan bisa mendapatkan harga yang terjangkau. Jika kondisinya tidak bagus dan bahkan jika breed berikutnya sangat menantang, harganya bisa lebih rendah dari rata-rata pasar. Alasannya adalah membuat peningkatan kualitas semua hewan di peternakan sangatlah penting. Karena itu akan mempengaruhi berapa harga tersebut domba akan dijual di pasar nanti. Untuk meningkatkan kualitas produk dan

 

Kualitas ternak kemampuan beternak dengan domba fullblood terbukti memiliki kualitas tertinggi.

 

Kedatangan domba fullblood bisa menjadi aset investasi yang bagus. Seekor domba jantan mampu kawin dengan hingga 25 betina. Komponen genetik domba jantanlah yang menentukan berapa banyak domba jantan yang diproduksi di fasilitas tersebut, apakah hasil panen meningkat atau tidak. Berikut ini adalah beberapa ide tentang cara beternak domba texel untuk menghasilkan aneka daging yang populer di Indonesia. Harga jual beli cukup stabil, sehingga para peternak tidak takut untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Salam sukses untuk semua peternakan di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Dari PT Unicon Precast Concrete dan UDitch Jawa Tengah

11 Perawatan Setelah Operasi Katarak

Apa Saja Jenis-Jenis Invoice?